Geliat film horor di Indonesia memang mencapai salah satu titik tertinggi di tahun 2017. Dan menyambut 2018, disebut akan ada puluhan film horor yang tayang di jaringan bioskop Tanah Air. Kemunculan PENGABDI SETAN yang sukses berat di bulan September 2017 membuktikan jika film horor digarap dengan cerita berkualitas, jajaran aktor dan aktris mumpuni serta gaya penyutradaraan terbaik, akan menuai hasil luar biasa.

 

Hal ini akhirnya banyak membuat aktor-aktris papan atas tidak alergi lagi bermain film horor. Terbaru, Ario Bayu dan Laura Basuki didapuk untuk bermain dalam film horor berjudul THE RETURNING. Diarahkan oleh Witra Asliga, film yang bersetting tahun 90an ini mengisahkan tentang pasangan Colin (Ario) dan Natalie (Laura) bersama kedua anak mereka. Colin lalu meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tapi secara misterius, tiga bulan kemudian Colin kembali. Sejak kepulangan Colin, banyak hal aneh terjadi dalam keluarga Dewa Poker mereka, seperti dilansir Kompas.

 

Bakal dirilis pada tahun 2018, THE RETURNING dibuat oleh rumah produksi Kaninga Pictures. Sebelumnya Kaninga Pictures sudah pernah merilis beberapa film yang memiliki kualitas terbaik seperti NIGHT BUS dan MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK. Sehingga banyak yang menduga kalau THE RETURNING akan menjadi film horor yang cukup berbeda dan layak dinantikan.

 

Tahun 2018 Masih Ramai Film Horor

 

Sekedar informasi, dalam 10 daftar film terlaris tahun 2017, ternyata lima di antaranya adalah film horor. Dipuncaki oleh PENGABDI SETAN, keempat film bertema hantu lainnya yang sukses sepanjang tahun ini adalah DANUR: I CAN SEE GHOSTS, JAILANGKUNG, THE DOLL 2, dan MATA BATIN. Melanjutkan geliat horor di 2017, tiga bulan pertama tahun 2018 sudah dipastikan juga akan dihiasi oleh film horor.

 

Film-film horor Indonesia yang dipastikan bakal tayang di awal 2018 adalah RUMAH BELANDA (18 Januari 2018), GHOST (25 Januari 2018), BAYI AJAIB (15 Februari 2018) dan MADDAH: DANUR 2 (29 Maret 2018). Dengan ramainya kembali genre horor di jagat film Indonesia, tentu standar penonton tidak akan bisa lepas dari PENGABDI SETAN. Film arahan Joko Anwar itu bahkan menjadi film horor pertama yang meraih Piala Citra terbanyak dalam ajang bergengsi Festival Film Indonesia 2017.

 

Cengkeraman Horor Dalam Film Terlaris di Indonesia

 

Bicara soal horor, memang selalu menjadi primadona dalam industri film Tanah Air. Bahkan dari data berbagai sumber, genre horor sudah 83 tahun menghantui perfilman Indonesia. Dengan film horor pertama terlahir pada tahun 1934 berjudul DOEA SILOEMAN OELAR POETI EN ITEM yang terinspirasi dari karya sastra kuno China. Setelah banyak film horor bernafas siluman, muncullah TENGKORAK HIDOEP (1941) yang bernuansa satanic alias demonic horor.

 

Sempat mati suri selama hampir 30 tahun lamanya, tahun 1971 dimulai dengan era kejayaan Suzanna yang menggiring horor dengan paduan okultisme, sadisme dan seks. Sempat mati kembali di era 90an, abad milenial untuk film horor dimulai oleh JELANGKUNG dan terus bergerak hingga PENGABDI SETAN yang sukses menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Tak main-main, film dengan penonton terbanyak di tahun 2017 itu mampu mengumpulkan 4.206.103 penonton dan bertengger di posisi keempat dalam daftar film terlaris sepanjang masa.PENGABDI SETAN tak sendiri sebagai film horor terlaris, karena di posisi kesembilan ada DANUR: I CAN SEE GHOSTS yang sudah ditonton 2.736.157 penonton.