Category: BERITA

Menlu RI Mengunjungi Yordania Dalam Rangka Perjuangkan Palestina

Menteri luar negeri RI, Retno Marsudi berkunjung ke Yordania dalam rangka mengadakan pertemuan bilateral dengan  Menlu Ayman Safadi. Ini adalah langkah nyata yang merupakan rangkaian perjuangan diplomasi Indonesia untuk Negara sahabat, Palestina.

 

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyampaikan kepada Safadi bahwa pernyataan unilateral USA tentang status Yerusalemtak akan mempengaruhi komitmen diplomasi poker online tanah air untuk turut berjuang demi kemerdekaan Palestina. Berikutnya, dalam pertemuan bilateral tersebut juga dibahas KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul pada 13 desember 2017, tentang nasib Palestina.

 

Menlu Indonesia juga telah melakukan koordinasi berhubungan dengan langkah diplomasi dalam memperjuangkan status Yerusalem sekaligus kemerdekaan Palestina. Langkah bilateral dengan Yordania tersebut memang penting untuk dilakukan mengingat Raja Yordania merupakan Pelayan pada Situs Suci di Yerusalem. Inilah  sebabnya ia juga berperan dalam melindungi Situs Suci Yerusalem, mewakili kepentingan situs suci Yerusalem, termasuk mengorganisir badan wakaf di kota suci tersebut.

 

Masih dalam pertemuan tersebut, Retno juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi mengecam keras tindakan unilateral Amerika yang mengakui bahwa Ibu kota Israel adalah Yerusalem. Ulah Amerika tersebut tentu membahayakan proses perdamaian yang diupayakan selama ini.

 

Retno juga menyampaikan kepada Menlu Yordania bahwa masyarakat internasional harus terus berpedoman pada ketetapan status quo yang telah disepakati pada forum PBB tentang status Yerusalem saat ini.

 

Retno menuturkan bahwa semua orang mempunyai tanggung jawab moral untuk menghentikan penderitaan yang harus dihadapi rakyat Palestina akibat ketidakadilan.

 

Berkaitan dengan hal itu Retno mengajak Yordania untuk mengantisipasi Negara lain mengikuti jejak Amerika untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel atau memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem dengan memperkuat perjuangan diplomasi secara bilateral dan multilateral.

 

Menlu RI juga menghimbau Yordania juga melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk meyakinkan Negara-negara lain untuk mengakui Palestina. Selain itu Retno juga menyatakan bahwa mendukung Palestina tak hanya dilakukan dengan langkah politis saja melainkan dengan langkah konkret lainnya yaitu dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan, peningkatan kapasitas, serta ekonomi.

 

Tentang KTT Luar Biasa OKI

Berhubungan dengan persiapan KTT Luar Biasa OKI tentang Palestina, Retno Marsudi menyatakan bahwa Presiden Jokowi akan turut hadir. Ini membuktikan bahwa isu Palestina tak hanya penting bagi masyarakat Indonesia saja melainkan merupakan bentuk komitmen Pemerintah RI untuk turut berjuang mendukung kemerdekaan Palestina.

 

Lebih jauh Menlu Retno juga mengatakan bahwa sebelum Negara Palestina merdeka perdamaian yang hakiki dan adil tak akan pernah terwujud di Timur Tengah.

 

Wanita yang juga pernah menduduki jabatan sebagai Duta Besar RI untuk Belanda tersebut menegaskan bahwa KTT Luar Biasa OKI tersebut merupakan pembawa harapan besar bagi masyarakat di Negara-negara anggota OKI.

 

Inilah sebabnya dalam KTT tersebut para anggotanya harus menyatukan suara demi membela Palestina. KTT OKI harus dapat memiliki pesan yang kuat serta maksimal serta dapat direalisasikan yang berhubungan dengan kecaman serta penolakan terhadap tindakan Amerika Serikat. KTT tersebut juga selayaknya menyepakati langkah-langkah yang akan ditempuh demi mendukung kemerdekaan Palestina.

 

Momen OKI tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk membulatkan tekad demi mewujudkan kemerdekaan Palestina serta menolak kebijakan Amerika Serikat.

 

Sementara itu berkaitan dengan situasi keamanan di Yerusalem serta Timur Tengah saat ini, KBRI Kairo menerbitkan imbauan kepada wisatawan Indonesia yang hendak berkunjung ke Palestina. Keputusan tersebut diambil pasca pemerintah Amerika Serikat memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

 

Selain itu, di bulan desember kunjungan wisatawan Indonesia ke Yerusalem melewati Semenanjung Sinai Mesir cenderung mengalami peningkatan . Padahal sejak bulan oktober 2017 Pemerintah Mesir telah menetapkan kondisi darurat bagi negaranya selama 3 bulan ke depan.

 

NATO Mencurigai Campur Tangan Rusia Dalam Krisis Catalan

Lepasnya Catalan dari Spanyol dan berubahnya status Catalan menjadi negeri yang berdiri sendiri setelah referendum memang telah menjadi puncak konflik yang telah lama berkembang antara Catalan dan Spanyol.Inipula berimbas pada persaingan yang sangat ketat antara Barcelona yang berada di Catalan dengan Real Madrid yang berada di Spanyol.Kini, setelah lepasnya Catalan, dikabarkan jika ada campur tangan Rusia yang menyebabkan krisis Catalan.Bahkan, yang mengatakannya adalah pihak NATO.

NATO dan Spanyol Curigai Rusia

Komandan pasukan NATO di Eropa, Jenderal AS Curtis Scaparrotti, pada hari Kamis kemarin menuntut Rusia untuk “berhenti mencampuri” dalam proses pemilihan Eropa, di tengah kekhawatiran tentang adanya campur tangan Kremlin dalam krisis Catalan. Bahkan, media Spanyol juga turut serta menuding bahwa ada campur tangan media Rusia dalam krisis Catalan.

Ya, Media Spanyol telah menuduh media yang didukung Moskow seperti Russia Today dan Sputnik – yang memiliki layanan bahasa Spanyol – telah memainkan peran yang membuat masalah semakin tidak stabil dalam krisis yang dipicu oleh referendum Catalonia yang terlarang pada 1 Oktober lalu. Moskow juga diduga mencampuri pemilihan presiden AS tahun lalu dan suara Inggris dalam kasus Brexit. Untuk hal ini, Scaparrotti mengatakan bahwa dia prihatin dengan “pengaruh buruk Rusia” di negara lain.

“Ini adalah sesuatu yang telah kami lihat di Amerika Serikat, kami telah melihatnya di sejumlah negara di sini dalam pemilihan akhir-akhir ini,” kata Scaparrotti saat ditanya tentang klaim gangguan Rusia di Catalonia. Dia juga mengatakan kepada wartawan pada sebuah pertemuan menteri pertahanan NATO di Brussels jika peristiwa campur tangan Rusia terhadap negara lain harus segera dihentikan untuk menghindari kasus serupa di negara lain selanjutnya.

Campur Tangan Moscow Sejauh Ini

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis mengatakan bahwa menteri NATO “sejauh ini, telah membahas upaya Rusia yang terus-menerus untuk menerima dalam proses demokrasi kita yang berdaulat”. Tentu, ini bukan tanpa alasan mengingat ada juga laporan berita dan foto palsu yang dibagikan secara online yang telah membantu memicu krisis yang dipicu oleh referendum kemerdekaan Chili yang terlarang pada 1 Oktober.

Tahun lalu, Moskow juga dianggap telah melakukan kampanye hacking dan disinformation yang memanfaatkan media sosial secara massif untuk meningkatkan peluang kemenangan Presiden Donald Trump sekarang.Hingga hari ini pun, kemenangan Trump dianggap karena adanya campur tangan Rusia.Ini pula yang telah memicu kemarahan dan beberapa konflik di Amerika hingga saat ini.

Ketika ditanya apakah Scaparotti memiliki kekhawatiran khusus tentang krisis Catalan yang melemahkan anggota kunci NATO Spanyol, dia mengatakan “Kami telah melihat kegiatan semacam ini di negara lain juga. Ini adalah bagian dari … apa yang saya sebut sebagai kampanye destabilisasi.”

“Kami akan mendorong Rusia untuk tetap berada di dalam tatanan internasional yang diterima dan untuk menghormati hak masing-masing negara berdaulat untuk menentukan cara pemerintahan dewa poker mereka, jalannya pemerintahan mereka dan bagaimana mereka menjalankan pemerintahan mereka,” kata Scaparrotti.

Sepertinya, konflik atau krisis Catalan ini tidak akan selesai dengan mudah mengingat masih ada cukup banyak pemicu yang suatu saat dapat meledak dan kembali memunculkan konflik yang lebih besar. Apalagi, warga Catalan juga tampaknya sangat mendukung referendum tersebut sedangkan pihak Spanyol telah melarangnya. Tentu, masalah ini akan merembet pada masalah lainnya baik untuk mendukung maupun menolak hasil referendum.