Ini Yang Dilakukan Keluarga Kerajaan Inggris Untuk Menyambut Natal

Tak berbeda dengan keluarga lainnya, kerajaan Inggris juga mempunyai tradisi untuk menyambut hari Natal dan berbeda dari yang mungkin dibayangkan orang, tradisi tersebut ternyata sangat sederhana.

 

Darren McGrady, seorang mantan koki kerajaan mengatakan bahwa tradisi libur Natal keluarga darah biru di Kerajaan Inggris juga tak terlalu berbeda dengan masyarakat biasa.

 

Sebagaimana kebiasaan yang telah berlangsung bertahun-tahun para anggota keluarga kerajaan akan berkunjung ke Sandringham House, tempat tinggal pribadi yang berada di Norfolk. Di tempat tersebut semua kerabat kerajaan akan berkumpul dan bermalam selama 2 hari untuk merayakan liburan.

 

Sandringham House  yang merupakan bangunan indah dilengkapi taman yang luas ternyata  dihias sederhana saja untuk ukuran kerajaan, alih-alih dipenuhi hiasan bernuansa Natal atau didekor sebagaimana istana musim dingin.

 

Masih menurut  McGrady, Ratu Elizabeth bukanlah tipe orang yang senang hal-hal berlebihan sehingga dekorasi yang digunakan untuk merayakan liburan Natal di tempat itu tergolong sangat sederhana.

 

Yang tak pernah ketinggalan dalam perayaan Natal bersama adalah pohon Natal berwarna perak dan berukuran besar yang sudah berusia sekitar 30 tahun untuk dipasang di ruang makan. Selain itu ada sebuah pohon Natal besar lagi yang dipajang.

 

Berikutnya seluruh anggota keluarga akan minum  teh di sore hari serta beribadah di gereja  pada pagi hari Natal.  Selain itu ada tradisi Natal yang mungkin belum banyak diungkap selama ini.

 

Tak berbeda dengan kebanyakan keluarga di hari Natal, seluruh anggota keluarga akan bersantap dengan hidangan yang selalu sama dari tahun ke tahun.

 

Makanan  apa kira-kira yang dimaksud? Di siang hari para bangsawan itu akan menyantap hidangan  seperti salad dengan lobster atau udang, kalkun panggang, serta hidangan tradisional seperti kubis Brussel, parsnip, wortel, juga pudding Natal  dan saus brandy butter  sebagai pencuci mulut. Setelah bersantap mereka kemudian duduk dan mendengarkan pidato Ratu.

 

Tradisi yang paling ditunggu-tunggu terutama oleh para pegawai dan pelayan bandar togel terpercaya adalah saat santap malam. Di sini ada sesuatu yang menarik yaitu Ratu akan melayani orang-orang yang pada hari-hari biasa melayaninya.

 

Mantan koki senior tersebut bercerita bahwa ia mempunyai sebuah kenangan manis berkaitan dengan tradisi tersebut, tepat menjelang makan malam prasmanan Natal, koki yang pada waktu itu bertugas akan masuk ke ruang makan dan memotong daging panggang, saat ia selesai, Ratu akan memberikan segelas wiski padanya dan bersulang bersama. Tradisi inilah yang paling dinantikan oleh para koki.

 

Keluarga kerajaan nyatanya juga tak berbeda dengan masyarakat biasa lainnya dalam melakukan aktivitas liburannya. Mereka saling memberikan hadiah juga menyantap kue buah serta coklat.

 

Menurut McGrady, Ratu juga sangat suka menyantap coklat, favoritnya adalah coklat hitam yang selalu ia konsumsi saat hari Natal, selain itu ia juga menyukai coklat mint.

 

Makna hari Natal bagi masyarakat Inggris

Liburan utama untuk masyarakat Inggris adalah pada hari Natal walaupun saat ini hari yang sangat penting bagi pemeluk Kristen tersebut lebih banyak tercurah untuk kebiasaan-kebiasaan yang bersifat komersil, seperti berbelanja hadiah, dan sebagainya daripada makna religiusnya. Meskipun tak semua orang pergi ke gereja untuk beribadah Natal, tetapi mayoritas masyarakat masih menghormati  tradisi serta kebiasaan dari zaman kuno.

 

Pada hari besar tersebut rumah-rumah akan tampak meriah dengan hiasan bernuansa Natal bahkan hingga di halaman rumah mereka. Tak ketinggalan patung-patung serta karangan bunga yang digantung pada pintu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *